11 Februari 2012

Ketika Buntu dan Kamu Tak Sendiri

Pikiranmu buntu? kamu kan gak sendiri di bumi ini.

Pernah maen game mencari perbedaan diantara dua gambar di komputer gak?.Di game itu karena dibatasi dengan waktu yang sangat singkat,pandangan mata kita rasanya tidak mungkin untuk mengingat semua posisi gambar. Kemudian kita mulai bingung dan bahkan tak mampu menemukan perbedaan apapun. Bisa jadi karena efek melihat waktu yang sangat singkat. Sampai suatu ketika seorang kawan datang menghampiri, duduk di sisi kita dan iseng ikut memerhatikan jalannya permainan. Biasanya sang teman ini akan mudah menemukan perbedaan gambar tadi, yang ini... dengan yang itu... Nah kita pun terbantu dan langsung berpikir,"iya juga ya,kok gak kelihatan."

Sebuah kejadian lagi, ketika saya lagi penat berkutat dengan denah revisi. Luasan ruang yang sempit rasanya tak bisa menampung semua kebutuhan ruang yang diinginkan klien,bisa berjam-jam saya habiskan waktu untuk memikirkan satu solusi denah dan berkutat di bentuk yang itu-itu saja. Iseng saya panggil teman saya yang sesama desainer interior juga,saya ajak dia berdiskusi memikirkan solusi pemecahan ruang. Lantas apa katanya, "Za,lu kan masih punya space jalan di bawah tangga,itu kan wasting area yg bisa lu manfaatin, coba kalau dirubah begini...".(teman saya mulai membuat sketsa denah) ..oh Damn, kenapa gak kepikiran, bahkan saking fokusnya saya sampai lupa ada area itu.

Ada yang pernah mengalami kejadian stuck seperti di atas? dan tiba-tiba seolah datang malaikat penolong yang diutus dari langit membantu memecahkan urusan kita. Jelas,mereka bukan malaikat atau sosok titisan. Mereka yang di sekitar kita itu hanyalah orang-orang biasa dan mungkin kita juga akan bisa berperan seperti mereka. Kenapa kita bisa rujet/rudet/stuck/buntu sedangkan mereka tidak? Jawabannya sederhana, karena mereka sedang tidak dalam masalah seperti di posisi kita. Dengan bebasnya jiwa dan ide mereka berkeliaran. Sedangkan kita yang dituntut untuk menyelesaikan suatu masalah yang justru membatasi diri kita.

Bisa jadi pikiran-pikiran negatif yang menghambat diri kita itu datangnya dari diri kita sendiri. Kita yang memenjarakan pikiran sendiri, padahal belum tentu pandangan orang sama seperti kita. Bisa jadi ide kita sebenernya brilian,tapi karena kita dikecam ketakutan duluan, pikiran brilian itu hanya sekedar membusuk dan musnah begitu saja. Sayang bukan.

Tulisan random ini terinspirasi dari percakapan tadi sore dengan seorang sahabat saya. Dia gatel pengen mulai usaha jualan aksesoris. Passionnya udah nemu, saya yakin ide2 gilanya bisa dikemas dengan cantik dengan target pasar yang jelas. Sosmed saat ini memudahkan para penggunanya untuk meng-endorse branding dagangannya.  Karena kebanyakan 'tapi' sahabat saya ini masih bimbang juga. Tapi kalo aku bosan,aku rugi, gak ada yang beli, karyanya jelek,tapi aku malu..tapi..tapi....tapi.."tapi kamu belum mulai mencoba kan?", kata saya yang sok bijak karena efek habis ikut training :P. Dengan memusnahkan segala 'tapi', sahabat saya yang awalnya malu2 bilang ke saya ini akhirnya mengungkapkan semua isi jiwanya, minta semangat dan keyakinan ceritanya. Akhirnya besok pagi rencananya dia bakal mulai ke pasar grosir mencari amunisi aksesoris untuk memulai dagangannya. Oh men...padahal saya gak bantu apa2,cuma pendengar setia n penyulut semangat aja. Saya yakin semangatnya itu dateng dari dirinya sendiri. Saya senang, sahabat saya berhasil melenyapkan kebuntuannya !.

Satu lagi, tulisan ini juga untuk mematahkan pesimisme saya tentang usaha rintisan yang baru saya mulai bersama dua orang partner saya di belahan pulau Sumatera dan Kalimantan sana. Gara2 baca tulisannya Adit Manajemen Tim Virtual : Manfaat dan Tantangan. Awalnya saya setengah yakin, antara iya dan enggak aja, maklumlah baru keluar dari goa ternyata dunia virtual itu memberi banyak kemudahan dengan segala tantangannya. Bismillah, dalam tekad yang kuat pasti ada jalan. Ketika yang sendirian ini bersinergi, hal-hal yang tadinya dianggap susah dan mengalami kebuntuan bisa saling bahu-membahu. I trust on you friends, boleh ambil slogannya pak Sby-Jk ya...Bersama, Kita Bisa :)

Masih ada yang stuck ? cobalah berbagi, kamu bukan alien dan kamu gak sendiri.
 

3 komentar:

Aditia A. Pratama mengatakan...

so epic sis, thanks udah di mensyen juga *benerin kacamata :P

oryza mengatakan...

hohooo appreciate krn porto kita mejeng di blog ente. semangaat !!!

catatandanjejakhiduprohma mengatakan...

wew, keyen :)