16 Oktober 2011

Secangkir Kopi di Senin Pagi

Assalamu'alaykum,
Masih pagi, dan saya cuma mau cerita,
Selama  40 hari mulai dari bulan ini, ceritanya saya ngungsi sejenak ke rumah tante di Bintaro. Dapet amanah buat ngejagain rumah dan anak-anaknya selama Om dan Tante saya pergi ke tanah suci. Bude dari Klaten juga dateng buat menggantikan peran orang tua sementara sepupu saya ditinggal ortunya, dan saya sendiri dapet tugas ‘negara’ nemenin Bude n memastikan 2 sepupu saya yang masih SD itu untuk belajar n beresin buku untuk sekolah.

Jadilah,  tiap hari saya mesti berangkat lebih pagi untuk ke kantor dari biasanya, dan pulang jadi lebih larut karena jarak tempuh BSD-Bintaro walopun gak jauh-jauh amat tapi juga lumayan mengerahkan tenaga ekstra selama di perjalanan. Meninggalkan ‘zona nyaman’ sejenak, saya jadi belajar banyak hal selama mengarungi fase ‘ngungsi’ ini. Setiap hari ritual berangkat  kerja  menaiki commuterline selalu punya kisahnya sendiri. Pulang kerja diprogramkan untuk tidak lembur karena anak-anak udah nunggu di rumah #tsaah.  Bude tiap hari nyiapin bekal untuk makan siang saya (ampe niat beliin set2an tempat makan demi saya donk…terlampau sesuatu), dan kini saya mesti mencuri-curi waktu untuk  ‘lemburan malam hari’ setelah urusan’negara’ kelar. Yah pokoknya ini momen langka saya jadi anak rumahan setelah sekian lama ‘membebas’ di tanah orang sebatang kara :P.

Tak ada satupun kejadian tanpa hikmah yang terlampir di belakangnya.  Mengurusi dua anak laki-laki ternyata gak semudah yang saya kira. Adek sepupu saya keduanya laki-laki. Yang sulung kelas 6 SD, udah rada sregep (rajin) belajar n manut kalo dikasih tau ini itu. Giliran yang bungsu, keras kepalanya luar biasa. I don’t know, daya imajinasi nya terlalu kuat, tapi gak mau ngalahnya kelewatan. Maklum tabiat bungsu yang terbiasa  dimanja n harus dipenuhi apa yang dia inginkan…kalo nggak terpenuhi bakal terjadi amuk massa di rumah n semua kena getahnya, berabe dah ~,~.

Bener tuh kata pepatah, buah jatuh gak jauh dari pohonnya. Karakter orang tua ternyata gak jauh beda sama anak-anaknya kelak. Anak kan cerminan dari orang tuanya juga...hayo coba deh evaluasi, karakter kita selama ini pasti mirip kan sama emak bapak kita?.  Buat yang belum dan yang sebentar lagi akan menjadi orang tua, mesti berbenah diri deh.. perbaiki akhlak, perilaku n ego demi anak-anak kita. Yang dulunya saya pikir, menjadi ibu rumah tangga seutuhnya di rumah itu gak asik sekarang jadi berpikir ulang. Sosok ibu rumah tangga ternyata profesi yang paling luar biasa dan harus punya pembekalan ekstra, terlebih untuk mendidik anak-anak sejak dari lahir hingga dewasa kelak. Berikan waktu terbaik buat si buah hati, kalo diharuskan untuk bekerja ya mesti pinter bagi waktu, atau kerja rumahan aja kalo memungkinkan. Harapannya malah jadi PNS aja sekalian, siapa yang gak mau jadi PNS cung !! (baca: Pengusaha Nan Sukses). Urusan menikah (jiaah ujung2nya ngemengin nikah -_-‘) gak melulu urusan antar suami dan istri, tapi juga make life plan untuk anak-anak kita kelak, mau dibawa kemana mereka,mau jadi seperti apa, usaha apa yang harus dilakukan, n yang terpenting kita konsisten untuk menjalaninya. Eiimm teori mah gampang, prakteknya yang susah….

Baiklah, itu aja cerita saya, gak ada kata percuma atau sia-sia atas apa yang telah kau lakukan.Niatkan segala aktivitas kita untuk ibadah dan memohon ridho NYA, semoga menjadi berkah. Insya Allah.
Wassalam.


 oleh-oleh moment in lens :
 Berjuang naik KRL

7 komentar:

An Maharani Bluepen mengatakan...

kerenz, mbakkkk...^^
sepakatttt
An juga pengen jadi PNS (Pengusaha Nan Sukses)

oryza mengatakan...

mari mari....menjadi Khadijah sis :)

Aditia A. Pratama mengatakan...

hahaha nice read, klo ane mah PNS (Pengajar Nan Sukses) *AAMIIIN*

oryza mengatakan...

AMIIEEEN.... pengajar sukses jadi pengusaha jg yeh bro ;)

nophe mengatakan...

iyelah....
belajar ngurus anak dulu
biar gk kaget
setelah pny anak :p
bukan begitu ja'?

oryza mengatakan...

@nophe: mesti banyak belajar dari Bunda Asya neh :)

nophe mengatakan...

awak baru beberapa hari jd bunda ja'
jd dirimu belajar ma yg dah lama ajeee

:)