12 Agustus 2011

Happy Cooking

Masih di edisi Ramadhan,
Secoret kisah di persemayaman sementara, Pondok Kenanga (itu julukan buat kos2an ane,soale alamatnya di Jl. Kenanga,hehe ngarang banget -___-' ).

Sahur tahun ini tanpa rendang kiriman Ibu,
Pantes berasa ada yang kurang karena gak ada bau2 masakan ibu pas santap sahur :'(.
Tapi ramadhan tahun ini, punya cerita menyejarah sendiri.
Kami para gadis pondok kenanga tiba2 jadi chef dadakan.
Kami memutuskan memasak setiap sahur.
Biasa aja? Kelihatannya gitu, tapi bagi kami ritual seperti ini bisa jadi ruaar biasa.karena notabene waktu kami tersita dengan urusan pekerjaan dari pagi ampe sore/malem, nyaris everyday jajan di luar,jarang bet yang namanya nongkrong di dapur kalo gak perlu2 banget. Ironi si single berkarir di perantauan  #preet #alibi.


In my opinion, berkat masak memasak, kami jadi belajar banyak hal, seperti :
 #1 Belajar memanajemen anggaran  n tau harga
      Selain ngirit, tiap mau nimbun amunisi kita bisa ngerem budget, jadi gak semua kalap mau dibeli tapi gak jelas pengolahannya nanti gimana. Belanja di pasar or Mang2 yang suka lewat sebenernya jauh lebih murah, tapi kadang yang di supermarket juga sering ngasi diskon,harga miring,lebih bersih n berkualitas,pinter2 liat timing aja. 
     Bayangin, kalo sehari kamu biasa ngabisin budget makan 15000 rupiah, dengan masak bareng si 15000 rupiah tadi bisa buat 3x makan (*udah pake lauk ayam,ikan,daging,dll). Mantep toh?.

#2 Belajar kreatif
     Semakin nyadar,profesi menjadi ibu itu emang profesi paling istimewa di dunia. Seorang ibu dituntut harus bisa memanage segala hal untuk 'istana kecil' nya. Salah satunya mesti punya kreatifitas dalam nentuin menu makanan tiap harinya biar gak bosan. Selama ini kalo di rumah,pas jam makan tiba, kita biasa terima jadi aja, or dalam hati ngeluh.. yah kok ini lagi..kok cuma ini maak... Ketahuilah,apapun yang dihidangkan itu udah keputusan terbaik yang ibu persembahkan buat kita. *loh kok jd ngebahas ibu. Yah semacam itulah analoginya. Be a creative woman for choose your menu daily :).

#3 Belajar kompak
     Yang namanya masak bersama itu pasti rame. Kemauan tiap orang juga beda-beda. Nah,yang begini ini mesti diarahkan, ada semacam  koordinasi n pembagian tugas biar misi berhasil dengan efektif dan efisien. Masalah rasa juga beragam, dengan mengambil kesepakatan bersama menentukan rasa juga merupakan bentuk musyawarah sederhana. Kalo enak otomatis senang bersama, kalo lagi gak enak ya dinikmatin bersama jugaa... ah indahnya kebersamaan bukan :).

#4 Belajar manajemen waktu
     Jujur yah, selama ramadhan manajemen waktu jadi lebih tertata. Prinsip makin banyak urusan,makin bisa ngatur waktu benar adanya. Edisi mengolah makanan biasanya kita lakukan di malam hari, jadi pas sahur gak riweuh lagi..tinggal goreng, tumis,cemplung sana - sini, or manasin aja. Waktu buat ibadah dan urusan lainnya juga tetap terjaga. Buat yang nge-kos,jangan jadiin alasan males masak karena gak ada waktu. Mungkin dari kitanya aja yang nggak meniatkan untuk mengagendakan waktu khusus untuk memasak.Cooking is fun, try it for a second !.

#6 Belajar ikhlas dan berbagi
     Kegiatan bersama itu selalu identik dengan kerelaan berbagi, 
menyampingkan ego demi kepentingan yang lain. Ketika satu saudaranya ketiban rejeki berkelebihan, maka berbagi menjadi sebuah kebiasaan. Kami menerapkan itu dalam kegiatan masak-memasak, biasanya kalo ada yang punya bahan masakan / nimbun lauk langsung diolah untuk bersama. 
     Belajar ikhlas nyuci piring ketika yang lainnya sibuk,atau rela tangannya bau bawang or menguning karena kunyit,semua jadi tak mengapa demi indahnya kebersamaan... :)

#7 Belajar masak!
     Memasak itu ibarat ngelukis. Doing by feeling, gak ada yang bener or salah or ketentuan baku. Memasak semacam menciptakan karya seni. Makin sering makin dapet taste-nya. Sama seperti berkarya,  memasak karena paksaan pasti gak enak...bakal beda rasanya dengan yang memasak dari hati... ahhh do it with passion guys :) #lebay lageee,sok iyee bet gue. 
     Beruntungnya kami, di kosan lantai bawah ada si Babeh  yang berprofesi jadi kepala Chef di sebuah restoran di BSD. Babeh dengan baik hati selalu bantuin kami mengolah masakan, ngasih ilmu baru n ngenalin istilah-istilah food n beverage nya, berasa asistensi ama dosen.hehee...ups, Inget Babe jadi inget Chef Choi, tokoh chef di film korea favorit saya,Pasta !. Tiap ngasih instruksi, crew chef juniornya selalu lantang bilang, "Yee Chef.. !".

Pada akhirnya,dari hal kecil seperti memasak ternyata bisa dapet banyak pengalaman  n pelajaran baru. Itung-itung ngumpulin soft skill buat di kehidupan yang akan datang nanti. Biar jadi istri solehah nu tiasa masak bikin suami betah  #Eleeuhh #bisa2nyangomongbegitu ?!.

"Memasak adalah suatu yang anda cintai ketika anda berada di dapur, dan itu bukan hanya sekedar pekerjaan. Itu adalah sebuah gairah dan pekerjaan yang sulit. Saya suka memasak karena saya menilai masak sebagai seni. Ketika saya membuat hidangan baru, itu seperti telah selesai sebuah proyek seni."
 -Chef Juna-

So, ini cerita sahurku, kalo loe ? (nyontek tagline mijon n indomi)


Tidak ada komentar: